Wednesday, December 10, 2008

Soal Ujian CPNS

SERBA-SERBI SEPUTAR SOAL UJIAN CPNS

Soal ujian CPNS memang berpengaruh sangat besar terhadap perekrutan para CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Para CPNS yang mendaftar untuk mengadu nasib dan peruntungan mereka menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) itu diseleksi berdasarkan kemampuan mereka mengerjakan soal ujian CPNS, yang berupa tes potensi akademik serta tes pengetahuan umum.

Pada akhirnya lewat proses penyaringan pada ujian CPNS, dari yang tadinya berjumlah puluhan ribu pendaftar dan akhirnya tersaring hanya berapa ratus saja. Lantas mereka yang terpilih ini melakukan ujian CPNS tahap selanjutnya, yaitu test kemampuan dasar sesuai dengan bidang yang dilamar serta mereka harus melengkapi lagi berkas-berkas untuk memenuhi syarat menjadi seorang PNS.

Rezeki Saat Pesta Pengumuman Penerimaan CPNS

Di tengah hiruk pikuk proses penerimaan CPNS ini ada sebagian orang yang menangguk untung berlipat dengan menjual kumpulan soal CPNS. Kumpulan soal ujian CPNS ini dijual dengan harapan banyak calon PNS yang membeli soal tes CPNS sebagai modal untuk menghadapi ujian CPNS yang sesungguhnya.

Lahan bisnis penjualan contoh soal ujian CPNS ini memang terlihat sangat menggiurkan. Seperti menangkap ikan di kolam yang penuh ikan. Hehe... Usaha jemput bola pun dilakoni para penjual contoh soal ujian CPNS ini mendatangi tempat-tempat pendaftaran lowongan kerja CPNS atau tempat strategis lainnya.

Contoh soal ujian CPNS yang dijual antara lain soal tes tulis CPNS berupa Tes Kompetensi Dasar (TKD) meliputi pengetahuan umum, tes bakat skolastik, tes skala kematangan maupun Tes Kompetensi Bidang (TKB) sesuai dengan bidang atau formasi yang diminati.

Seperti yang tampak dalam gambar yang berhasil saya jepret di bawah ini, dimana seorang penjual contoh soal tes ujian dan tes masuk CPNS beserta pembahasannya maupun soal-soal prediksi ujian CPNS ini duduk seperti menunggu mangsa yang datang. Haha..


Benar-benar memanfaatkan momen yang tepat!

Bocoran Soal Tes CPNS Seharga Puluhan Juta Rupiah ?

Rumor yang menyatakan ada bocoran soal ujian CPNS yang dijual calo seharga Rp 25 juta rupiah hingga Rp 100 juta rupiah memang menjadi salah satu kecurangan dalam proses penerimaan calon pegawai negeri sipil di negeri ini. Pun ada situs-situs di internet yang menawarkan bocoran soal CPNS dan Bank Soal CPNS.

Entah bagaimana mekanisme dan prosesnya sehingga soal ujian CPNS itu jatuh ke orang lain, yang jelas ada pihak yang menjadi aktor di belakang ini. Kita tak perlu menuduh dan menunjuk hidung karena sudah jelas siapa mereka. Mereka yang memanfaatkan momen penerimaan CPNS untuk mengeruk keuntungan pribadi inilah yang menjadi dalang bocornya soal tes CPNS.

Proses pembuatan dan penyusunan soal CPNS memang melibatkan banyak pihak mulai dari Universitas dan Institusi lain yang ditunjuk pemerintah sebagai penyusun materi dan master soal tes CPNS, kepolisian sebagai tenaga pengaman, percetakan, dan pihak birokrat sebagai pengambil keputusan. Entah dimana proses kebocoran itu terjadi, kalau memang benar soal yang bocor adalah soal asli yang digunakan saat CPNS.

Karena tak sedikit orang juga yang tertipu puluhan juta rupiah demi mendapatkan soal asli ujian tes masuk CPNS ini. Niat hati ingin lulus dengan mudah namun semua hanya mimpi di tengah bolong saja, bukan soal asli yang didapat hanya sekumpulan soal-soal prediksi saja. Bukankah lebih baik berangkat dengan niat tulus bukan niat bulus untuk mengakali sebuah sistem.

***

Yuk... Kita niati diri dengan niat tulus bukan niat bulus... Hehe..

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home